Laptop Cepat Panas (Service Laptop Pare)

Fan laptop seiring waktu akan kotor karena kipas yg berputar akan menarik debu2 halus sehingga lama kelamaan akan menumpuk dan menghalangi lubang pembuangan panas
Debu yg menumpuk menyebabkan fan tidak lancar dan panas tidak bisa tersirkulasi dengan baik, sehingga terjadilah overheat / mati mendadak karena panas. Khususnya saat menjalankan program berat atau bermain game.
Untuk gejala awal umumnya laptop tidak langsung mati saat panas, namun kipas berputar kencang terus menerus dan casing bagian atas dekat keyboard terasa panas. Penggunaan extra fan di bawah laptop sedikit membantu pada tahap ini, namun ini hanya solusi sementara sampai fan internal dibersihkan.
Solusinya dengan membersihkan saluran pembuangan dan kipas + penggantian thermal paste + melumasi kipas dengan WD40 atau sejenisnya agar sirkulasi kembali normal.
Lakukan maintenance pembersihan ini 1-2 tahun sekali tergantung environment. Lingkungan berdebu, abu rokok, dsb akan lebih cepat membuat fan laptop menjadi kotor.
Lakukan segera pembersihan khusus untuk yang berchipset nVidia dan ATI dikarenakan jika overheat tidak segera dibersihkan biasanya akan merusak VGA.
Khusus VGA ATI dan NVIDIA terkadang laptop akan tetap mati saat menjalankan program berat meskipun kipas sudah dibersihkan, hal ini mengindikasikan bahwa VGA ente sudah mulai bermasalah. Untuk VGA INTEL belum pernah ditemukan VGA bermasalah diakibatkan overheat.
Untuk kipas sangat jarang memerlukan penggantian terkecuali mati, untuk stock dan harga kipas silahkan cek list sparepart di tokopedia atau langsung mengubungi ane.
Tidak perlu meniup lubang pembuangan panas karena ini sama sekali tidak membantu. Kotoran hanya berpindah tempat namun tetap ada didalam kipas. Solusinya tetap harus bongkar dan dibersihkan.

Komentar